Online Storage, Layanan Penyimpanan Data Yang Handal dan Efisien

Bismillah…

Online Storage

Photo from : http://www.etechbuzz.com

Fuih… lama gak nge-blog, sekarang alhamdulillah punya waktu lagi untuk nambah2 tulisan. Berbicara tentang tulisan, saya teringat sebuah cerita dari seorang teman. Katanya dulu dia pernah menjadi pemenang sebuah lomba penulisan cerpen di kampusnya. Cuma sayang sekali ketika saya minta “barang bukti”nya, file tulisannya tersebut kini sudah tidak ada lagi karena flashdisk tempat menyimpan filenya telah hilang entah kemana.

Yah… hal yang dia alami mungkin juga sering kita alami dimana file-file penting kita lenyap karena media penyimpanannya bermasalah ataupun bahkan hilang.  Tak jarang juga file yang telah kita persiapkan untuk dicopy justru ketinggalan pada saat diperlukan. Jika sudah seperti ini tentu kita tidak bisa berbuat banyak.

Seiring dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi serta didorong oleh penetrasi penggunaan internet di Indonesia sekarang ini yang cenderung meningkat setiap tahunnya (lihat data Google) maka tak ada salahnya kita mencoba sistem penyimpanan file berbasis online (online storage).  Melalui teknologi ini, kita dapat menaruh file-file kita pada server penyedia layanan. Beberapa keuntungan dari adanya online storage ini antara lain :

1. Kita bisa memiliki file cadangan (back up) dari data yang kita miliki sehingga jika terjadi hal-hal seperti kehilangan atau kerusakan komputer/media penyimpanan maka file tersebut masih bisa kita miliki.

2. Kemudahan dalam mengakses file. Hanya perlu menggunakan akses internet maka data dari komputer, telepon seluler atau tablet dapat kita sinkronkan sehingga dimanapun kita berada, data yang kita inginkan dari perangkat tersebut dapat dengan mudah kita ambil atau bagikan.

3. Beberapa penyedia layanan menawarkan sinkronisasi otomatis dengan mendownload aplikasi mereka di perangkat kita sehingga tidak perlu lagi melakukan copy paste.

Penggunaan online storage sendiri sebenarnya berbayar karena kita menggunakan  server penyedia layanan sebagai tempat menyimpan file kita. Namun jangan kuatir, mereka juga menawarkan layanan gratis bagi pengguna untuk mencoba layanan mereka namun tentunya dengan kapasitas yang terbatas mulai dari 2,5 GB. Lumayan lah (daripada loe manyun :D) bagi kita untuk sekedar menyimpan file-file penting.

Beberapa penyedia onlien storage yang pernah saya gunakan antara lain :

  • Dropbox. Layanan ini menawarkan penyimpanan file gratis mulai 2,5 GB. Penggunaannya lumayan mudah karena kita disediakan aplikasi yang memunculkan folder “Dropbox” di komputer kita. Kita tinggal menaruh file yang kita kehendaki di folder tersebut maka  akan disinkronisasikan secara otomatis.
  • Box.com. Layanan ini menawarkan penyimpanan file gratis 5 GB. Kita dapat mengunggah file yang akan di back up ke situsnya langsung. Keuntungan layanan ini, file office yang kita miliki dapat langsung lihat secara online tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu.
  • Sugarsync. Layanan ini menawarkan penyimpanan file gratis mulai 5 GB. Pengguna dapat mendownload aplikasi yang disediakan.  Keunggulan aplikasi ini kita dapat memilih folder-folder mana saja di PC yang akan disinkronisasi tanpa perlu memindahkannya.
  • Google Drive. Yup, si Mbah Google memang seolah tiada henti berinovasi, diantara layanannya yang bejibun, kini kita ditawarkan dengan Google Drive yang menawarkan kapasitas penyimpanan free 5 GB. File office juga dapat kita edit secara online dengan Google doc. Layanan ini juga menyediakan aplikasi yang bisa kita download untuk  memudahkan sinkronisasi.
  • Microsoft skydrive. Layanan resmi dari microsoft ini memiliki banyak keunggulan, selain kapasitasnya layanan gratisnya yang lebih besar yakni mulai 7 GB, file office dapat kita edit secara langsung dengan aplikasi office online resmi dari microsoft. Dengan menggunakan aplikasi tertentu, kita dapat pula memunculkan folder skydrive langsung dari windows explorer di komputer kita.

Itulah beberapa layanan online storage yang pernah saya pakai. Setiap layanan tentu memiliki keunggulan masing-masing. Saya sendiri selama ini paling sreg dengan Sugarsync karena kepraktisan layanannya dan dukungan aplikasi yang multi platform, mulai dari windows, android, blackberry, iOS dan lain-lain sehingga lebih memudahkan dalam mengakses file. So, bagaimana dengan anda? Tidak ada salahnya mencoba bukan?🙂

*) tulisan ini dibuat dengan segala keterbatasan penulis, kondisi faktual dan kebijakan layanan mungkin dapat berbeda dengan isi artikel.

3 thoughts on “Online Storage, Layanan Penyimpanan Data Yang Handal dan Efisien

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s