Pensiun (3) : Pensiun Janda/Duda PNS

Bismillah…

Menyambung artikel sebelumnya tentang jenis-jenis pensiun, maka kali ini insya Allah saya akan menjelaskan tentang pensiun PNS karena meninggal dunia dan tewas.

2. Pensiun PNS karena meninggal dunia (Pensiun Janda/Duda)

Apabila seorang Pegawai Negeri Sipil meninggal dunia maka isteri (isteri-isteri) dari PNS pria ataupun suami dari PNS wanita berhak menerima pensiun janda/duda. Besarnya pensiun janda/duda sebulan adalah 36% (tiga puluh enam persen) dari dasar pensiun, dengan ketentuan bahwa apabila terdapat lebih dari seorang istri yang berhak menerima pensiun, maka besarnya bagian pensiun janda untuk masing-masing istri adalah 36% dibagi rata antara istri-istri itu. Jumlah 36% dari dasar pensiun dimaksud tidak boleh kurang dari 75% dari gaji pokok terendah menurut peraturan pemerintah tentang gaji dan pangkat PNS yang berlaku saat itu.

Adapun Isteri/Suami dan anak yang berhak untuk mendapatkan pensiun janda/duda adalah :

  • Isteri/Suami dan anak yang telah terdaftar
  • Pendaftaran lebih dari satu isteri harus sepengetahuan isteri pertama
  • Apabila pada saat PNS meninggal dunia tidak mendaftarkan isteri/suami maka pensiun janda/dudanya dapat diberikan kepada istri/suami yang ada pada waktu ia meninggal dunia. Apabila pegawai negeri pria mempunyai isteri lebih dari seorang, maka pensiun janda diberikan kepada isteri yang waktu itu paling lama dan tidak terputus dinikahinya.
  • Anak yang didaftarkan adalah anak yang berhak
  • Pendaftaran isteri/anak dilakukan dalam waktu 1 tahun
  • Anak yang berhak untuk menerima pensiun adalah anak yang belum berumur 25 tahun, belum mempunyai penghsilan sendiri dan belum pernah menikah. Apabila terdapat anak yang usianya lebih dari 21 tahun tetapi belum 25 tahun maka dimintakan surat keterangan belajar dari sekolah yang bersangkutan.

Yang perlu diketahui dari pensiun janda/duda adalah jika janda/duda tidak memiliki anak apabila dikemudian hari ternyata menikah lagi maka hak pensiunnya dibatalkan. Namun, jika yang bersangkutan memiliki anak maka hak pensiunnya diserahkan kepada anak yang memenuhi syarat yang telah ditetapkan diatas. Khusus bagi penerima pensiun janda memiliki keistimewaan dimana hak pensiun jandanya dapat ditetapkan kembali jika perkawinan barunya tersebut terputus.

3. Pensiun Janda/Duda dari Pegawai yang tewas

Jenis Pensiun ini diberikan kepada janda/duda atau orang tua dari PNS yang dinyatakan tewas. Yang dimaksud dengan tewas, ialah :

  • Meninggal dunia dalam dan karena menjalankan tugas kewajibannya
  • Meninggal dunia dalam keadaan lain yang ada hubungannya dengan dinasnya sehingga kematian itu disamakan dengan meninggal dunia dalam dan/atau karena menjalankan kewajibannya
  • Meninggal dunia yang langsung diakibatkan karena luka-luka maupun cacat rohani atau jasmani yang didapat dalam hal-hal tersebut pada huruf a dan b di atas.
  • Meninggal dunia karena perbuatan anasir-anasir yang tidak bertanggung jawab ataupun sebagai akibat dari tindakan terhadap anasir-anasir itu

Perbedaan dari pensiun karena meninggal dunia adalah pada jumlah penghasilan yang diterima oleh penerima pensiun. Pada pensiun tewas, besarnya jumlah pensiun yang diterima oleh janda/duda adalah 72% (tujuh puluh dua persen). Jumlah 72% tersebut  pun tidak boleh lebih kurang dari gaji pokok terendah menurut PP tentang gaji pegawai yang berlaku bagi mendiang suami/isterinya yang meninggal dunia.

Demikian sedikit ulasan mengenai pensiun PNS yang dapat saya tulis. Semoga apa yang sedikit ini dapat memberi manfaat bagi para pembaca blog ini.

Wassalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh….

About these ads

31 thoughts on “Pensiun (3) : Pensiun Janda/Duda PNS

    • mf baru balas mas…
      untuk mengetahui persentase uang pensiun janda, harus diketahui dulu berapa pensiun pokok suaminya yang didsarkan atas masa kerja PNS tsb. Persentase pensiun janda sebesar 36% dari pensiun pokoknya itu…

      • Terima kasih atas pertanyaanny Mas…
        Sbenarny untk permsalahan stlah ybs pensiun sy krang begitu mengerti krn itu sdh menjadi wewenang pihak Taspen, nman setau sy ybs ttap dpt tunjangan max. Utk 2 org anak dgn syarat anakny tlah terdata dlm SK pensiun dan ada ketrangan sekolah/kuliah utk yg berusia 21-25 thn..

  1. amanda berkata:

    kalau si pensiun duda meninggal dan tidak punya istri, langkah2 dan cara pengambilan pensiunannya bagaimana?

    • Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar…
      Jika yg bersangkutan berstatus duda dan memiliki anak maka hak pensiunnya diterima oleh anak kandungnya selama memenuhi persyaratan yg telah ditentukan, namun jika ybs tdk memikiki anak lagi, maka tidak memperoleh uang pensiun bulanan, hanya memperoleh akumulasi uang tabungan pensiun yg dibayarkannya selama ini serta taspen. Pengusulannya sama seperti pengurusan SK pensiun lainnya, silakan hubungi bagian kepegawaian ybs… :)

    • terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.. mohon maaf karena baru bisa membalas komentar anda..
      tidak ada, jika dia tewas karena dinas, bahkan walaupun masih CPNS dia berhak menerima hak pensiun bulanan.

  2. evita berkata:

    Dear Aulia..
    Mhn info ..jika wanita pensiunan TNI (dlm hal ini wanitanya yg TNI) dan telah menjandi janda kemudian menikah lagi….dan kemudian meninggal. .apakah suami barunya mempunyai hak/menerima pensiun dr istrinya.

    Salam

    • Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, mohon maaf karena baru sekarang membalas komentarnya..
      Untuk permasalahan dalam lingkup kepegawaian TNI/POLRI saya kurang begitu mengetahui karena latar belakang saya dari PNS. Namun, jika kasus seperti yang anda utarakan terjadi dalam lingkup PNS, maka duda yang bersangkutan insya Allah akan menadapatkan pensiun dudanya asalkan pernikahannya tercatat secara resmi dalam administrasi kepegawaian.

  3. acep noval kurniawan berkata:

    mo tanya bagai mana cara mengurus sk pensiun yang hilang om sy seorang VETERAN sudah maninggal th2005 cuma sampai sekarang blom bisa turun sk janda karna sk pensiun alm.om saya hilang …… untuk persyaratan lain nya sudah ada termasuk PIAGAM DAHOR yang asli….apa msih bisa di urus bagaimana caranya …..mohon d jawab?terima kasih

    • Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, serta mohon maaf baru sekarang bisa membalasnya..
      Untuk kalangan TNI POLRI saya kurang mengetahuinya. Namun untuk permasalahan yang saudara hadapi, cb hubungi kantor ASABRI sebagai pihak yang berwenang dalam pembayaran pensiunnya.

    • Klau isteri kedua tidak terdaftar secara resmi, maka kecil kemungkinan ybs dpt memperoleh hak pensiun jandanya karena hak tersebut akan diserahkan kpd isteri pertama/yg trdaftar dlm daftar gaji..

  4. yono berkata:

    Mau tanya apabila seorang penerima pensiun tidak memiliki isteri, kemudian nikah lagi. Apakah isteri yang dinikahi saat sudah berstatus sebagai pensiunan berhak atas pensiun janda manakala kelak suaminya meninggal dunia

    • T erima kasih atas kunjungan dan komentarnya…
      Ya, insya Allah isteri/suami yg dinikahi pada saat menerima pensiun tetap dapat menerima hak pensiun janda/duda asalkan pernikahannya didaftarkan di instansi terkait (taspen)

  5. Yon Romby berkata:

    Salam kenal dari sy Yon. Mohon info dong. Orang tua sy(Bapak) sudah diangkat menjadi CPNS tanggal 14 Desember 1981, dan SK PNS nya keluar tanggal 31 Oktober 1983. Tanggal 21 Juli 1984 beliau meninggal. Tapi ibu sy tidak mendapatkan pensiunan janda dikarenakan pada saat itu ibu sy tidak mengerti bagaimana cara mengurusnya. Masih bisa gak ya kl pensiunannya di urus sekarang. Mohon informasinya. Trimakasih

    • Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya…
      Utk permasalahan demikian hendaknya anda dpt berkonsultasi baik secara langsung maupun melalui surat ke Direktorat Status dan Kedudukan Badan Kepegawaian Negara dgn menjelaskan permasalahan yg dihadapi pada saat itu. Asalkan semua bukti2 masih ada, termasuk surat nikah, sy rasa masih dimungkinkan bagi ibu saudara utk mendapatkan hak pensiun jandanya..

  6. yakup siswanto berkata:

    salam kenal dan mohon infonya.
    kakek sy pensiunan DPU skrg sdh meninggal. skrg yg menerima pensiun nenek sy, mengambil sndri di kantor pos. tp skrg nenek sy sdh mulai pikun dan tdk bisa berjalan. bgmn cara mengambil pensiunnya? apakah tiap bulan harus membuat surat kuasa? apakah bisa uang pensiun trsbt didebet langsung ke tabungan tiap bulan? bgmn caranya? trmksh.

  7. Mengenai permasalahan pembayaran uang pensiun, hal tsb menjadi kewenangan dr pihak taspen dan lembaga penyalurnya (bank, knator pos, dll) shg sy kurang mengetahui bagaimana teknis pembayarannya..

  8. Mau tanya… kalau seorang pensiunan pns yang berstatus duda menikah lagi apakah istri barunya ini akan mewarisi pensiun jika sang pensiunan ini meninggal dunia?
    tks

  9. manda berkata:

    Salam. Sya mau tanya, nenek saya mau mengurus hak janda pensiunan. Kakek baru meninggal skitar 5bln yang lalu. Tapi SK Veteran hilang, dulu kalo g salah pernah buat pinjaman bank, tapi bank yang bersangkutan di tanyai tidak menyimpan SK kakek saya. Bagaimana dan dimana cara mengurus SKnya? Kami disuruh membayar 3jt oleh orang kantor yng mengurus hal2 veteran sperti itu di kabupaten klaten. Dn kmi sudah mentransfer sbesar 1jt sbgai uang muka. Apa uang segitu memang benar jumlah untuk mengurus SK yg hilang? Tolong sedikit penerangannya.

    • Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..
      Utk permasalahan veteran, mhon mf saya kurang mngetahui… saran sy cb anda tanyakan k markas/kantor legiun veteran d kota anda serta banyak berkonsultasi dgn para veteran yg msh hidup…
      Utk biaya administrasi, stau sy utk pengurusan hak2 dlm pemerintahan kita sngat jarang dipungut biaya, bila pun ada, saya rasa nominal 3 jt rupiah termasuk besar…
      Smga saja urusan anda diberikan kemudahan dan hak2 nenek anda dpt dibayarkan sebagaimana mestinya…

  10. assalamu alaikum..
    Bagaimana kalau mama saya yang meninggal namun masi aktif PNS
    namun yang menanggung bapak ku pns juga
    apakah masi ada gaji pesiun bulanan dari mama ku untuk anaknya
    terimakasi sebelumnya

    • Wa’alaykumussalam…
      Jika msh ada ayah anda, mk hak pensiunan akan diserahkan kpda beliau sekalipun ybs jg PNS. Hak pensiunan yg diberikan tsb dimaksudkan utk membantu ayah anda serta anak2nya.
      Hak pensiun janda/duda baru bisa beralih kpd anak (yg memnuhi syarat) jika janda/dudanya menikah lagi atau meninggal dunia.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s