Memaksimalkan Settingan Privasi di Facebook

Bismillah…

Di zaman sekarang hampir setiap orang telah mengenal Facebook. Situs besutan Mark Zuckenberg ini sedikit banyak telah merubah pengetahuan masyarakat tentang internet. Bila dulu penggunanya hanya di daerah perkotaan, sekarang di pelosok desa bahkan anak kecil yang masih SD pun sudah ada yang mengenal internet, minimal untuk facebookan. Hal ini tak lepas pula karena didukung oleh  infrastruktur penyedia layanan internet yang telah melebarkan layanannya ke mobile broadband sehingga internet jadi lebih mudah untuk diakses via handphone.

Berbicara tentang facebook tentu tak lepas dari yang namanya update status🙂, inilah salah satu aktivitas yang populer dilakukan ketika facebookan.  Bagi sebagian orang mungkin dengan update status maka apa yang dirasakannya dapat dibagi dengan orang lain. Hanya saja, dengan semakin banyaknya teman di facebook yang sebagian besar kadang tidak kita kenal atau mungkin berbeda faham pemikiran sehingga membuat kita tidak nyaman untuk berbagi berita dengan mereka.

Sebenarnya ada fitur privasi dari facebook yang memungkinkan kita mengatur siapa saja yang dapat melihat berita yang kita bagikan. Dengan fitur yang menurut saya terinspirasi dari metode circle (lingkaran) dari Google Plus ini maka setiap berita yang kita bagikan dapat lebih “tepat sasaran”. Meski mungkin telah banyak yang mengetahuinya, saya rasa tidak ada salahnya jika saya memberikan toturialnya sebagai berikut :

1. Pada versi webnya, fitur ini ada pada bagian bawah agak ke sebelah kanan dari kolom update status. Secara default kita dapat memilih daftar kelompok yang dapat melihat post dari kita yakni publik, teman, teman selain kenalan, hanya saya dan khusus. Bila anda merasa apa yang disediakan masih belum sesuai dengan keinginana anda, dimana mungkin pada suatu saat kita hanya ingin membagi ataupun membatasi post kita kepada orang-orang tertentu maka hal ini bisa dilakukan dengan memilih pilihan Khusus.

2. Di setelan Khusus tadi ada menu pilihan seperti sebelumnya, hanya saja pilihannya lebih banyak dan lebih gampang di kostumisasi. Pada bagian “dapat dilihat oleh” kita dapat menentukan bahkan sampai cuma 1 orang teman, caranya dengan menggulirkan optionnya ke “orang atau daftar khusus” nanti akan muncul kolom tambahan, kita bisa menuliskan nama teman(-teman) yang kita inginkan disini. Sedangkan di bagian “sembunyikan dari”, maka serupa dengan yang tadi, kita tinggal menuliskan nama orang yang kita inginkan supaya dia tidak bisa melihat post kita.

Jika teman anda banyak sehingga susah dan membutuhkan waktu lama untuk mengetik namanya maka anda pun bisa membuat grup-grup khusus dari teman-teman facebook anda.  Hal ini untuk lebih mudah mengaturnya supaya ketika mengatur privasi seperti di atas kita tinggal menuliskan  nama grup dari teman-teman kita.

3. Untuk membuat grup maka klik pilihan Daftar pada sidebar sisi sebelah kiri.

4. Nanti anda akan masuk ke halaman yang memuat daftar grup yang anda miliki. Untuk membuat grup baru maka silakan anda klik +Buat Daftar.

5. Masukkan nama Grup yang ingin anda buat di bagian “Daftar nama”, misalnya grup kerja, sekolah, teman dekat, keluarga, dan lain-lain. Selanjutnya anda tinggal menuliskan nama teman-teman anda pada bagian “anggota”. Saran saya cukup masukkan satu atau dua orang dulu karena untuk menambahkan teman justru lebih mudah nanti di menu “kelola daftar” setelah grup dibuat.

6.  Untuk menambahkan anggota baru anda tinggal klik menu “Kelola Daftar” pada bagian sidebar sebelah kanan lalu pilih “tambahkan/hapus teman”. Akan ada daftar foto dan nama dari teman kita yang bisa kita tandai untuk menambahkan atau menghapusnya dalam grup. Anda juga bisa menambahkannya secara instan di bagian “Saran untuk Daftar”. Oh, ya.. grup yang anda buat ini juga bisa berfungsi untuk melihat update berita khusus dari teman-teman anda dalam grup sehingga tidak ramai seperti di “Beranda”.

Demikian toturial singkat ini, penggunaannya sebenarnya tidak hanya ketika untuk update status tapi juga bisa untuk berbagi tautan atau settingan Obrolan (chatting). semoga bermanfaaat khususnya bagi anda yang belum mengetahuinya dan selamat mencoba…

9 thoughts on “Memaksimalkan Settingan Privasi di Facebook

  1. Salam Senyuum. . . ^_*

    waaw waaaaaaaaaw waaaw. . .
    terimaksih sudah berbagi kak aulia.😉

    kunjungan balik kak. . .maaf ya baru mampiiir.😉
    terimakasih sudah berkunjung ke blog Langkah Catatanku ,
    sekalian mengabarkan kalau link kakak sudah menjadi sahabat idah.
    di tunggu backlinknya ya kak?😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s