Bijak dalam menggunakan teknologi seluler…

Bismillah…

Mencermati era telekomunikasi dan teknologi yang sekarang semakin canggih ini kadang membuat kita berdecak kagum akan apa yang telah atau akan dihadirkan kepada kita. Tak usah jauh-jauh, tentang handphone saja perkembangannya terasa cepat, setelah muncul satu model, tak lama kemudian muncul lagi model terbaru yang tak kalah canggih.  Tak pelak memang, bagi yang mau mengikuti perkembangan tentu sedikit banyak akan keteteran juga.

Teknologi memang memiliki dampak positif dan negatif. Salah satu dampak positif yang dapat kita ambil tentu semakin mudahnya kita terhubung, dunia seolah tanpa batas karena setiap informasi dapat kita peroleh secara real time. Sedangkan dampak negatifnya ialah penyahgunaan teknologi itu sendiri, misalnya penggunaan untuk menyebarkan informasi negatif, hoax, pornografi, dll.

Berbicara tentang handphone, tentu banyak dari kita yang sudah mengetahui tentang salah satu smartphone yang sekarang lagi banyak digandrungi oleh orang Indonesia karena kemampuannya yang hebat dalam masalah chatting dan email, apalagi kalau bukan Blackberry. Handphoe besutan Research In Motion (RIM) dari Kanada ini sekarang memang lagi naik daun di Indonesia meski diluar negeri penjualannya sebenarnya  lagi menurun.

Menurut saya, (dahulu) yang membedakan blackberry dengan smartphone merek lain ialah fitur email dan chatting-nya. Untuk klien email memang blackberry saya akui hebat karena menggunakan metode push mail sehingga setiap ada email baru  maka otomatis email tersebut juga akan masuk ke BB anda. Selain itu email yang masuk terlebih dahulu telah melalui proses kompresi dan scan di server blackberry sehingga email yang masuk lebih cepat dan aman.  Hal ini ditambah lagi dengan adanya fitur chatting eksklusif yang bernama blackberry messenger (BBM) sehingga seolah semakin memantapkan kehebatan gadget ini. Untuk menggunakan fitur unggulan di atas, pengguna blackberry bertipe personal harus mendaftar ke layanan Blackberry Internet Service (BIS) melalui operator seluler yang digunakannya.

Sayangnya, beberapa pengguna blackberry sebenarnya kurang memaksimalkan kemampuan dari blackberry tersebut. Banyak pengguna yang hanya terfokus pada layanan “update status via Blackberry” dan blacberry messengernya. Maklum, memang sekarang chatting model ini lagi digandrungi sehingga tak jarang ketika kita bertemu dengan teman kita, yang ditanyakan bukan nomor hp tapi malah berapa nomor PIN BB. Padahal jika ingin menelisik lebih jauh, blackberry justru sangat handal dalam layanan pushmail. Hal ini disebabkan bagi kebanyakan masyarakat mungkin masih belum terlalu akrab dengan layanan email, padahal banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dalam penggunaan email. Misalnya saja dapat melihat notifikasi facebook setiap saat (tentu dengan memberi pengaturan dulu untuk menentukan jenis email notifikasinya supaya tidak membanjiri inbox kita), ikut milis,  berkirim pesan layaknya sms namun dengan kemampuan mengirimkan file lampiran, dll. Memang penggunaan fitur tersebut tidak bisa dipaksakan karena orientasi seseorang dalam menggunakan tentu berbeda-beda sesuai dengan prinsip kebutuhan setiap orang yang berbeda-beda.

By the way, saya sendiri sebenarnya bukanlah seorang pengguna blackberry. Selain karena biaya layanannya yang menurut saya masih tergolong mahal😳, sikap RIM yang kurang kooperatif terhadap bangsa Indonesia dengan diacuhkannya permintaan pembuatan server di Indonesia dan saya sendiri saat ini kurang begitu menyukai chatting lagi (sms aja kadang telat dibalas🙂 mohon mangap buat yang pernah jadi korbannya hehe..). Untuk layanan push mail sendiri sudah banyak yang menawarkannya, seperti Android, iPhone bahkan handphone nokia dibawah sejutapun telah ada yang menawarkan layanan ini.

Nokia memang sejak beberapa tahun lalu telah memperkenalkan layanan pushmail mirip blackberry dengan nama Nokia Messaging. Layanan mirip BIS  pada blackberry ini mencakup akses pushmail, chatting (seperti Yahoo! messenger, Gtalk, Ovi Chat, Whatsapp, dll) dan community (facebook dan twitter)  dengan biaya berlangganan yang lebih murah. Untuk Telkomsel sendiri biaya perbulannya hanya Rp. 25.000,- sedangkan untuk operator lainnya saya kurang tahu, mungkin Om Google bisa membantu🙂. Seri handphone yang mendukung layanan ini sendiri beragam, mulai dari seri yang canggih sampai versi yang seharga 700-ribuan seperti Nokia Asha 200. Tentu saja, ini bisa jadi alternatif untuk non blackbberry user. Saya sendiri sih jika disuruh  memilih (ngarep :mrgreen:) antara Gemini dengan handphone Nokia, kayanya lebih cenderung melirik Nokia seri E72 atau E5 karena fiturnya yang lebih lengkap dan tentunya memiliki flash kamera yang bisa sekalian dijadikan senter😎.

Nokia E5

Nokia E72

Intinya, teknologi itu terasa lebih menyenangkan jika kita bisa memaksimalkan pemanfaatannya. Secanggih apapun gadget yang kita pakai tapi jika yang digunakan hanya fitur-fitur umum dan untuk gaya-gaya-an, terasa  ada sesuatu yang tersia-siakan. Terakhir, apa yang saya tulis tidak bermaksud untuk merendahkan/membela pengguna atau merek tertentu. Saya cuma ingin menuliskan apa yang saya amati dari fenomena akhir-akhir ini. Semoga kita, terutama saya bisa jadi lebih bijak dalam menggunakan teknologi….

4 thoughts on “Bijak dalam menggunakan teknologi seluler…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s