Kenangan tabligh akbar di Istiqlal

Bismillah…

Tabhligh Akbar Istiqlal 2012

Brosur Tabligh Akbar Istiqlal Februari 2012

Hari ahad lalu, tepatnya tanggal 19 Februari 2012 saya alhamdulillah bisa hadir di acara tabligh akbar Prof. Dr. Abdurrozzaq di masjid Istiqlal Jakarta. Acara yang sebenarnya sudah saya tunggu-tunggu karena ingin melihat bagaimana sebenarnya acara tabligh akbar itu. Maklum, karena saya lagi merantau di Jakarta, apalagi di tempat kami sangat jarang ada acara seperti ini. Jangankan seorang profesor dari sebuah universitas selevel Universitas Islam Madinah, bahkan ustadz lulusan S1-nya saja jarang bisa bertatap muka secara langsung mengingat terbatasnya lulusannya di tempat kami.

Prof. Dr. Abdurrozzaq adalah seorang Dosen ilmu aqidah program pasca sarjana di Fakultas qidah dan Ushuluddin Universitas Islam Madinah dan pengajar tetap di Masjid Nabawi Madinah al Nabawiyyah. Judul kajian beliau pada acara tersebut “Jalan Meraih Kecintaan Allah Subhanahu wata’ala”. Beliau membawakan dengan bahasa arab dengan seorang ustadz penterjemah dari Indonesia.

Karena pada pagi harinya sempat diguyur hujan, maka saya baru berangkat dari rumah kontrakan sekitar jam 9 pagi, padahal acara juga dimulai jam segitu🙂. Alhamdulillah kemaren tak terlalu lama menunggu di busway.

Ketika mendekati istiqlal saya sempat dibuat takjub dengan apa yang terjadi. Disekitar istiqlal macet!!. Banyak sekali bus dan mobil serta kendaraan yang bergerak disekitar sana, terlebih banyak mobil dan bus yang sudah terparkir di berbagai tempat di sekitar istiqlal. saya sempat berpikir hal tersebut karena memang saat itu gereja katedral juga sedang melakukan kegiatannya. Namun ketika sampai di istiqal ternyata hal itu disebabkan antusiasme masyarakat yang tinggi untuk menyaksikan secara langsung acara tabligh akbar tersebut, yang menurut sumber pengurus masjid Istiqlal, jumlah pengunjung yang hadir lebih dari 100 ribu orang.

Tingginya antusiasme masyarakat ini memberikan harapan dan kegembiraan bagi saya bahwa diluar sana, khususnya di Jakarta, masih banyak masyarakat kaum muslimin yang bersemangat dalam mengikuti kajian islam. Para laki-laki yang datang pun rata-rata berjengggot sedangkan wanitanya banyak yang bercadar. Satu hal yang bagi beberapa daerah mungkin  masih dianggap belum biasa ditemui, apalagi jika yang yang melakukannya seseorang yang masih muda.

Semoga acara tabligh akbar seperti ini kedepannya lebih sering dilakukan sehingga bisa semakin menjaring masyarakat muslim, kalau bisa tidak hanya pulau jawa, tapi juga di berbagai daerah di Indonesia. Satu hal impian saya, semoga suatu saat saya bisa datang ke acara semacam tersebut dengan keluarga   dan istri serta anak-anak saya kelak. Aamiin🙂

Foto-foto acara (via moslemsunnah.wordpress.com) :

*)Yang mau mendengarkan isi kajian bisa mendownloadnya disini

=== ditulis ketika futur, semoga dengan ini bisa menambah semangat diri ===

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s