PENSIUN PNS (1) : Mengenal Pensiun PNS

Bismillah…

Pensiun PNS

Lama tak mengupdate blog ini karena ada kesibukan yang harus dilakukan. alhamdulillah kali ini ada keluangan waktu untuk menulis artikel. Kali ini saya ingin berbagi informasi tentang Pensiun Pegawai Negeri Sipil.

Ini saya pilih karena pensiun adalah salah satu hal yg akan dihadapi oleh setiap PNS, lagipula belum banyak informasi mengenai ini disediakan di internet. Padahal, salah satu faktor yang menarik orang-orang mengincar pekerjaan sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil adalah karena adanya pengasilan rutin yang diterima kelak ketika mereka telah purna bakti (pensiun).

Definisi

Definisi Pensiun sendiri ada bermacam-macam tergantung sistem/metode yang digunakan dalam pelaksanaaanya dan tempat atau organisasi yang menerapkannya, menurut Arifianto Pensiun adalah penghasilan yang diterima oleh penerima pensiun setiap bulan berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku (Arifianto, 2004:4).

Pengertian pensiun sebagaimana tertuang dalam undang-undang Nomor 43 tahun 1999 tentang Pokok-pokok Kepegawaian pasal 10 disebutkan bahwa pensiun adalah jaminan hari tua dan balas jasa terhadap pegawai negeri yang telah bertahun-tahun mengabdikan dirinya kepada negara. Berdasarkan beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa Pensiun adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak bekerja lagi sebagai pegawai negeri dengan mendapatkan penghasilan yang teratur.

Masa Pensiun merupakan masa yang akan dihadapi oleh seorang Pegawai bagi yang bekerja pada instansi pemerintah, swasta, maupun lembaga BUMN (Fillipo, 1984:283). Pensiun dilaksanakan untuk menjamin produktivitas kerja suatu instansi atau perusahaan agar tetap seimbang mengingat semakin bertambahnya usia maka produktivitas kerjanya pun akan menurun. Dengan adanya program pensiun maka perencanaan pembinaan masa depan seorang pegawai setelah pensiun dapat terjamin. Beberapa manfaat dilaksanakanya program pensiun ini sebagaimana dikemukakan oleh Sirait (2006: 279-280) adalah untuk :

  • Dikelola tanpa adanya komplikasi untuk membuktikan bahwa karyawan yang telah lanjut usia sudah tidak lagi memenuhi syarat-syarat pekerjaan.
  • Menciptakan lowongan-lowongan yang dapat membuat bagi karyawan lebih muda untuk maju
  • mempermudah perencanaan SDN karena jadwal pensiun telah diketahui.
  • Memberikan jalan keluar terhormat bagi para karyawan yang tidak lagi memenuhi syarat
  • Merangsang karyawan untuk membuat rencana-rencana pensiun sebelum mereka sampai pada tanggal pensiun yang telah diketahui

Sifat dan Manfaat

Program Pensiun merupakan bagian dari program kesejahteraan yang diharapkan bisa memberikan ketenangan PNS dalam bekertja dan mampu memotivasi untuk meningkatkan produktivitas karena adanya suatu jaminan hidup di masa yang akan datang. Sesuai dengan ketentuan Undang Undang Nomor 11 Tahun 1969 Pasal 1 dinyatakan pensiun diberikan sebagai jaminan hari tua dan penghargaan atas jasa-jasa pegawai selama bertahun-tahun bekerja dalam dinas pemerintahan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sifat pensiun PNS adalah sebagai jaminan hari tua dan sebagai penghargaan atas jasa-jasa pegawai negeri selama bertahun-tahun bekerja dalam dinas pemerintah.

Sedangkan manfaat pensiun PNS sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Peraturan Dana Pensiun, mendefinisikan bahwa yang dimaksud dengan manfaat pensiunadalah pembayaran berkala yang dibayarkan kepada peserta pada saat dan cara yang ditetapkan dalam peraturan dana pensiun. Dalam pasal 9 Undang undang Nomor 11 Tahuun 1969 tentang pensiun pegawai dan pensiun janda/duda pegawai setidaknya ada 4 jenis manfaat pensiun, yakni :

  • Manfaat pensiun normal (syarat usia 50 tahun dan masa kerja 20 tahun)
  • Manfaat pensiun dipercepat (syarat usia 50 tahun dan masa kerja 10 tahun)
  • Manfaat pensiun ditunda (syarat masa kerja 10 tahun dan usia belum mencapai 50 tahun)
  • Manfaat Pensiun cacat

(Bersambung… insya Allah)

Referensi :

  • Undang Undang Nomor 8 Tahun 1974 jo. Undang Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-pokok kepegawaian
  • Undang Undang Nomor 11 Tahun 1969 tentang Pensiun Pegawai dan Janda/Duda Pegawai
  • Undang Undang Nomor 11 tahun 1992 tentang Dana Pensiun
  • Badan Kepegawaian Negara:2011; Manajemen Pegawai Negeri Sipil.Jakarta:BKN
  • Rakhmanto, Ajib.2008;Evaluasi Kebijakan Undang Undang Nomor 11 tahun 1969 tentang Pensiun Pegawai dan Janda/Duda Pegawai.Jakarta:BKN

One thought on “PENSIUN PNS (1) : Mengenal Pensiun PNS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s