Cerita manis tentang kue lam….

Bismillah

Lama tak update blog karena kemaren pulang kampung membuat saya kangen untuk update blog lagi. Ingat pulang kampung, jadi teringat waktu pulang kemaren sempat dihadiahi kue khas dari Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (salah satu Kabupaten yang berdekatan dengan Kabupaten saya, Hulu Sungai Utara) yang sangat terkenal, khususnya di Kalimatan Selatan yang bernama Kue Lam.

Kue Lam

Kue ini konon berasal dari timur tengah dan resepnya diwariskan secara turun temurun. Salah satu yang khas dari kue ini adalah rasanya yang sangat manis karena terbuat dari campuran tepung, telur bebek, margarine dan gula dengan tekstur mirip dengan lapis legit tapi agak padat. Rasa karamel dari gulanya terasa ketika masuk di dalam mulut bercampur dengan gurihnya rasa margarin yang dipanggang sehingga memunculkan rasa yang khas.

Karena bentuknya yang seperti lapis legit, tentu proses pembuatannya sangatlah rumit dimana adonannya harus dimasukkan secara bertahap di atas tungku sehingga memerlukan ketelitian dan usaha keras serta kesabaran dari pembuatnya yang harus melawan panasnya suhu pemanggangan sampai sekitar 3 jam.

Karena kekhasan dari kue lam inilah,tak salah memang jika kue ini kerap dijadikan oleh-oleh ke luar daerah, apalagi daya tahannya tinggi hampir 2 minggu lamanya meski dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet. Kabarnya, kue ini telah melanglang buana tidak hanya di Indonesia tapi sampai ke luar negeri Lho, ada yang membawa ke Perancis, Jeddah dan bahkan sampai ke Mekkah..!!!

Nah, bagi anda yang ingin merasakan manisnya kue Lam ini, anda dapat jalan-jalan ke kota Barabai, Kalimantan Selatan. Oh ya, kebetulan tadi saya menemukan penjualan Online untuk kue ini, jadi bagi anda yang berminat dapat memesannya  disini. Insya Allah, uang yang anda keluarkan akan sebanding dengan kelezatan kue ini. Percaya deh, selama lidahnya masih normal, insya Allah tidak akan didustakan tentang manisnya rasa kue ini apalagi jika didapatkannya secara gratis dari seorang gadis yang manis….  Kalau kata iklan.. Owhhh.. So Sweeeeet :p

8 thoughts on “Cerita manis tentang kue lam….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s