Salam dalam SMS

Salam

Bismillah…

Ass… Gmn kbarmu?

Diatas adalah contoh dari petikan sebuah sms yang biasa kita terima. Sepintas tak ada yang aneh memang dari sms tersebut karena penulisan kata yang disingkat merupakan hal yang biasa kita temui di dunia per-sms-an. Mungkin niatan si pengirim sms bagus, yakni ingin mengucapkan salam “Assalamu’alaykum” kepada yang dikirim sms namun ditulis singkat seperti itu. Cuma  esensi dari salam tersebut seolah hilang dengan bentuk singkat seperti itu. Bukankah yang diinginkan oleh kita sebuah salam yang berarti “semoga keselamatan tercurah kepadamu”?

Menyingkat kata dalam sms memang hal yang lumrah mengingat untuk 1 pesan sms hanya terdiri dari 160 karakter sehingga untuk menghemat biaya dan untuk lebih cepat kita biasanya menyingkat smsnya. Namun sebagai seorang muslim yang baik dan ingin mendoakan kebaikan bagi saudaranya hendaklah kita terbiasa untuk tidak menyingkat salam. Salam yang disingkat sebenarnya kurang tepat karena akan menghilangkan dari makna/arti yang terkandung dalam salam itu sendiri. Sebagai contoh, jika kita menuliskan “Assalamu’alaykum” dengan kata “ass” saja maka jadinya ini bukanlah salam karena hanya menjadi kata tanpa makna, bahkan padanan kata Ass dalam bahasa inggris berati pantat.  Begitu pula dengan bentuk singkatan salam yang lain seperti “Assllm”, “Ass. Wr.Wb”, “Asslykm”, dll.

Masalah larangan menyingkat ini pun sebenarnya tidak hanya terbatas pada salam saja, namun juga pada lafadz lain seperti Allah SWT, Muhammad SAW dan lain sebagainya. Di beberapa forum yang melecehkan agama, penyingkatan seperti tersebut menjadi olok-olokan karena memang mereka tidak tahu arti sebenarnya.

Dengan semakin murahnya tarif untuk mengirim sms, ditambah lagi dengan semakin banyak bonus sms yang diberikan oleh operator seluler, sudah tidak selayaknya kita menyingkat bentuk salam seperti diatas. Salah satu solusi yang bisa diterapkan jika tidak ingin ribet menuliskanya ialah dengan menjadikan salam  (termasuk sholawat, hamdalah, dll) menjadi template sms, sehingga ketika kita ingin menggunakannya maka cukup dengan menyisipkan template yang telah kita buat. Di beberapa handphone terbaru mungkin sudah ada lagi fitur autotext yang lebih mudah untuk menerapkannya.

Semoga dengan artikel ini dapat menggugah rasa untuk saling menebarkan salam yang benar secara syari dan sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam yang bersabda :

Kalian tak akan masuk surga sampai kalian beriman dan saling mencintai. Maukah aku tunjukkan satu amalan bila dilakukan akan membuat kalian saling mencintai? Yaitu, sebarkanlah salam di antara kalian.” [HR Muslim dari Abi Hurairah]

One thought on “Salam dalam SMS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s