PNS muda dan kaitannya dengan korupsi…

Pegawai Negeri Sipil

Bismillah…

Banyaknya pemberitaan tentang Pegawai Negeri Sipil (PNS) muda yang korup membuat saya sedikit prihatin dengan kondisi yang terjadi dinegeri ini. Dengan ditemukannya 10 PNS muda dengan kekayaan luar biasa oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Keuangan (PPATK) maka media pun beramai-ramai memberitakannya. Gencarnya pemberitaan ini memunculkan opini di masyarakat tentang generalisasi kasus korupsi di kalangan PNS muda. Generalisasi berita semacam inilah yang memunculkan hujatan dan cacian di dunia maya, termasuk pada beberapa kolom komentar pada beberapa situs berita.

Fenomena kasus korupsi yang terjadi terjadi di negara kita ini sebenarnya sudah sedemikian parah. Saking parahnya seolah kita sudah terbiasa dengan budaya suap dan sogok yang terjadi, khususnya dalam sektor pemerintahan yang notabene melibatkan PNS. Berbagai kasus korupsi seperti proyek palsu, penyalahgunaan anggaran, penyalahgunaan perjalanan dinas dan lain sebagainya merupakan hal yang kerap kita dengar. Diakui atau tidak, sebenarnya telah terjadi semacam pewarisan budaya korup dalam sektor pemerintahan dimana PNS senior menularkan kebiasaan korupsinya kepada yang junior (muda).

Namun, kita sebagai masyarakat harusnya lebih cerdas dalam melihat situasi seperti ini. Di tengah buruknya sistem pemerintahan negeri kita, sebenarnya masih banyak para PNS yang bekerja dengan jujur dan selalu berusaha menjauh dengan korupsi. Jumlahnya pun menurut saya jauh tidak kalah dari mereka yang melakukan penyelewengan.

Sulit memang bagi PNS yang telah berada di dalam sistem untuk merubahnya karena budaya korupsi itu sebenarnya dikendalikan oleh para seniornya, khususnya mereka yang telah menjadi pejabat. PNS muda-lah yang ketika memasuki dunia pemerintahan banyak mengalami pertentangan dengan nuraninya terhadap “ekosistem” yang telah terjadi. Banyak sebenarnya PNS yang yang berhenti bekerja karena tidak tahan dengan  situasi kerjanya dan memilih untuk menggeluti usaha lain.

Memang tak bisa dipungkiri juga bahwa ada PNS muda yang melakukan korupsi dalam pekerjaannya tapi tentu jalur aksesnya tidak sebesar PNS senior. Bila ada yang sampai jadi jutawan sebagaimana laporan PPATK diatas, tentu hanya bisa dilakukan di instansi-instansi basah semacam kementerian keuangan. Konsep pembuktian terbalik yang diwacanakan oleh salah seorang pengamat ekonomi pun bisa saja dilakukan, namun bila saja PNS muda tersebut memang terbukti korupsi hendaknya lekas ditindak agar kasusnya tidak menguap dan ingat-ingatlah pula dengan seniornya. :) Hal yang juga tidak boleh dilupakan, tidak semua PNS muda yang kaya memperoleh uangnya dari hasil korupsi, bisa saja kekayaannya berasal dari usaha luar yang ditekuninya atau warisan dari orang tuanya.

Adapun maraknya kasus korupsi ini secara tidak langsung pula mencerminkan bahwa pendapatan PNS secara umumnya masih belum mencukupi. Mungkin untuk tenaga guru dan dosen sudah ada perbaikan dengan adanya sertifikasi namun belum untuk tenaga administrasi dan kesehatan. Renumerasi yang diterapkan pemerintah saja belum diterapkan secara menyeluruh bagi PNS pusat apalagi bagi PNS daerah. Masih banyak PNS yang terpaksa bekerja lagi diluaran sekedar untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya.  Lagi pula telah terjadi gap penghasilan yang lumayan lebar antar golongan PNS yang memiliki jabatan dengan yang tidak (staf), padahal dalam prakteknya justru tenaga staf-lah yang banyak berperan dalam pelaksanaan tugas. Hal inilah yang sebenarnya harus dipikirkan pemerintah untuk dikurangi agar berkurang kecemburuan yang terjadi dalam unit kerja.

Akhirnya, semoga setiap PNS dapat menyadari bahwa menjadi PNS itu untuk mengabdi kepada negara, bukan untuk menjadi kaya. Hal ini sebagaimana anekdot yang biasa kita dengar, bila ingin kaya maka jangan jadi PNS.

Jakarta, 10 Desember 2011

8 thoughts on “PNS muda dan kaitannya dengan korupsi…

  1. Irfan Handi berkata:

    Datang hanya ingin mengucapkan.
    Selamat Tahun Baru 2012.
    Semoga Tahun 2012 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Amin.
    Salam persahabatan selalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s