Aku dan internet mobile

Bismillah…

Dunia perblog-kan di Indonesia ternyata ramai juga, sebuah realita bagus yang (semoga) berarti minat menulis dari masyarakat Indonesia sudah meningkat. Saya sebagai blogger pemula merasa agak minder juga karena  ternyata kualitas tulisan para blogger Indonesia bagus-bagus, diantaranya bahkan masih berstatus pelajar namun memiliki  ide-ide tulisan yang  kreatif dan menarik.

Tingginya aktivitas blogger tidak lepas dari sudah makin terbukanya dunia teknologi informasi bagi masyarakat. Dulu sekitar tahun 2005-an di tempat saya, Kabupaten Hulu Sungai Utara jarang ditemukan warnet, sekarang bahkan di kecamatan pun dengan mudah kita menemuinya. Adanya facebook tidak bisa kita pungkiri telah banyak memberikan sebuah pengalaman baru bagi masyarakat tentang internet, apalagi yang bersifat mobile.

Saya teringat waktu tahun 2005-an, internet mobile tidaklah seramai ini. Halaman web mobile pun masih belum sebagus sekarang. Dulu alamat web yang bisa kita bisa buka dengan hp kebanyakan berawal “wap” misalkan : wap.detik.com dengan konten yang lebih didominasi teks (kurang tau apa masih bisa dibuka). Sedangkan sekarang, banyak yang berawalan “m”, misalkan : m.facebook.com, isi konten dan desainnya pun lebih variatif. (CMIIW)

Hak diatas wajar karena dulu hp dengan layar warna belum semeriah sekarang.  Saya saja dulu waktu awal-awal menggunakan internet mobile masih menggunakan handphone monokrom seri  Siemens ME45.

Siemens ME45Percaya atau tidak, meski layarnya monokrom tapi sudah sanggup untuk browsing karena telah mendukung koneksi GPRS. Hal yang menyenangkan dulu karena tidak banyak yang bisa menggunakan internet mobile, bahkan oleh yang punya layar warna sekalipun🙂. Setidaknya dengan menggunakan hp ini keinginan tahuan saya tentang internet mobile dapat tersalur.

Beda dulu, beda sekarang. Sekarang akses internet mobile terbuka secara lebar, apalagi di kota seperti Jakarta. Hampir semua handphone juga sudah mendukung internet, ditambah lagi dengan semakin menjamurnya smartphone atau tablet PC berplatform Android, Blackberry, iOS Apple, dll. Halaman web pun lebih kaya, demikian juga dengan web mobilenya.

Harusnya kita bisa memanfaatkan momen ini untuk menggali informasi dan pengetahuan yang positif sebanyak-banyaknya, bukan malah menggunakan internet untuk hal-hal yang negatif. Hal yang harus kita ingat juga jangan sampai teknologi melalaikan kita dengan dunia yang sebenarnya. Seasyik-asyiknya dunia maya, tentu lebih  mengasyikkan dunia sebenarnya, sebanyak-banyak teman di fb, twitter, dll, tetap teman di dunia nyata yang paling cepat dapat membantu kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s