Berlebihan….???

Bismillah…

Tadi barusan liat Timnas Indonesia dikalahkan 0-1 oleh Malaysia pada babak penyisihan terakhir Grup Sea Games 2011. Sedih memang, namun agak bersyukur juga agar kita sadar dan tidak berlebihan dalam menyikapi setiap permainan Timnas sebagaimana final Piala AFF kemaren.

Teringat tentang sikap berlebihan, jadi teringat jika dihubungkan dengan sikap kita sebagai muslim. Banyak yang berlebihan dalam melaksanakan ibadah padahal itu ternyata justru bisa melemahkan kita. Pernah saya menemui sebuah musholla yang setelah melaksanakan sholat, imamnya berwirid bersama dalam waktu yang lumayan lama, sesuatu hal yang sebenarnya menurut para ulama dimakruhkan karena menyalahi Sunnah dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam. Yang ingin saya sampaikan sebenarnya bukan ada masalah hukum makruhnya tadi karena tentu akan menimbulkan berbagai pro kontra, namun lebih kepada tindakan yang saya anggap berlebihan tadi.

Di Mushalla yang saya katakan tadi, saya sebenarnya kasian sama imamnya karena beliau kadang diacuhkan oleh para makmumnya yang buru-buru pulang, apalagi ketika sholat subuh. Para makmum agak malas kalau mengikuti karena memerlukan waktu yang agak lama.  Selain itu mungkin beberapa orang yang merasa gak enak dengan imamnya malah memilih tidak melaksanakan shalat berjamaahdi musholla atau menghindar menuju mesjid yang berjarak lebih jauh.

Hal di atas hanya satu beberapa contoh kecil yang dapat kita temui. Dalam kehidupan sehari-hari tentu lebih banyak hal yang dapat kita temui terkait tindakan berlebih-lebihan ini. Hal yang perlu kita ingat ialah amalan yang kecil dan konstan lebih baik daripada tindakan berlebihan dengan semangat yang menggebu-gebu namun tidak konstan dan hanya membuat kita hilang semangat dikemudian hari karena kelelehan dan tak sanggup lagi melakukannya.

Terkait hal ini, Allah Subhanahu wata’ala berfirman :

وَالَّذِينَ إِذَا أَنفَقُوا لَمْ يُسْرِفُوا وَلَمْ يَقْتُرُوا وَكَانَ بَيْنَ ذَلِكَ قَوَاماً

“Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian ”. (QS. al Furqaan : 67)

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam pun bersabda :

“Makanlah kalian, bersadaqahlah kalian serta berpakaianlah kalian dengan tidak berlebih-lebihan dan juga tidak sombong” (Sunan an Nasaa`iiy : 558).

Akhirnya, semoga kita selalu mendapat petunjuk dari Allah Subhanahu wata’ala untuk menapaki amalan yang benar dan selalu konstan serta istiqomah dalam melaksanakannya dengan tidak berlebih-lebihan. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s